Syekh Husin Kedah Al Banjari, Ulama Besar Malaysia Dzuriyat Datu Kalampayan Martapura | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 17 Mei 2022

Syekh Husin Kedah Al Banjari, Ulama Besar Malaysia Dzuriyat Datu Kalampayan Martapura


Syekh Husin Kedah Al Banjari adalah seorang ulama yang masyhur di daerah Kedah, Malaysia pada zamannya. Beliau ternyata juga seorang keturunan dari Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Martapura)

Beliau adalah anak dari H. Muhammad Nashir bin H.M. Thayib bin H. M. Mas'ud bin Qodhi H. Abu Su'ud bin Syekh M. Arsyad Al Banjari.

Syekh Husen Kedah terkenal sebagai seorang yang punya semangat belajar ilmu agama yang tinggi dan tegas. Namun beliau juga seorang yang lucu dalam mengajar hingga pada murid yang belajar kepada beliau tidak merasa cepat bosan.

Syekh Husin Kedah mendirikan sebuah lembaga pendidikan islam yang bernama "Al Madrasatul Khairiyah Al Islamiyah" di Pokok Sena Seberang Perai. Lembaga ini sampai sekarang masih terus melakukan aktifitas belajar-mengajar. Kepemimpinannya pun masih diteruskan oleh anak cucu Syekh Husin Kedah.

Semakin terkenal besar nama seseorang, maka semakin besar pula cobaannya. Syekh Husin Kedah sempat difitnah oleh ulama lain dan dilaporkanlah beliau kepada Sultan Kedah. Alhasil beliau pindah dari Kedah ke Poko Sena seberang Perai karena beliau dianggap peraturan pemerintah Kedah.

Syekh Husin Kedah juga banyak menulis kitab. Diantaranya Bidayatuthalibin (kitab Tasawuf), Tafrihushshibyan (Sejarah Kelahiran Nabi Muhammad) dan lain lain.

Syekh Husin Kedah wafat pada 1354 H/1935 M. Beliau wafat diusia kurang lebih 74 tahun.

Sumber : buku "Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari" tulisan Abu Daudi halaman 43, sub judul "H. Mas'ud bin "alimul "allamah Qodhi H. Abu Su'ud" hal 116



Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner